Blog

Terungkap, 4 Fakta Tentang Steve Jobs yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Sosok di balik kesuksesan Apple tak lain karena tangan dingin Steve Jobs. Kiprah Apple di industri teknologi dunia memang sangat berpengaruh hingga saat ini. Apple berjaya dengan produknya yang sudah tidak asing lagi, seperti: iPhone, iPad, iPod dan lainnya. 

Pada tahun 2016 lalu Iphone, produk unggulan Apple, mencapai penjualan yang fantastis, yakni berhasil menjual  1 miliar.

Sebagai tokoh ikonik Apple, sosok Steve Jobs memang sangat inspiratif. Biografi hidupnya telah tiga kali difilmkan. Film berjudul Jobs (2013) disutradarai oleh Joshua Michael Stern dan dibintangi Ashton Kutcher. Kemudian pada tahun 2015 kehidupan Jobs kembali diangkat ke layar lebar oleh Danny Boyle dan dibintangi Michael Fassbender dengan judul Steve Jobs. Pada tahun yang sama film dokumenter Steve Jobs yang disutradarai Alex Gibney juga tayang dengan judul Steve Jobs: The Man in the Machine.

Bila kamu belum sempat film-film tersebut, berikut ini 4 fakta tentang Steve Jobs  yang mungkin bisa menginspirasi hidupmu

Fakta Tentang Steve Jobs 1: Tidak Cerdas dan Drop Out Kuliah

Fakta tentang Steve Jobs yang pertama, dia menyadari dirinya bukan anak yang pandai. Semasa perkuliahan di Red College, IPK Steve hanya 2.65/4 dan dia hanya bertahan selama 1 semester hingga akhirnya di DO (Drop Out) dari kampus. Steve Jobs dikeluarkan dari kampus lantaran ia sangat tidak sukan dengan sistem kurikulum pembelajaran yang terstruktur dan dia menanggap hanya membuang-buang uang orangtua. Setelah putus kuliah, Steve Jobs memutuskan untuk fokus membangun bisnisnya bersama Steve Wozniak. Ia juga sempat ikut kursus kaligrafi.

Fakta Tentang Steve Jobs 2: Steve Jobs juga Sering Gagal

Kegagalan adalah bagian dari kesuksesan. Nah, Fakta Tentang Steve Jobs yang kedua, Steve Jobs sering gagal saat membangun Apple. Salah satu kegagalan terbesar yang pernah dialaminya yaitu Lisa, perangkat komputer yang digadang-gadang sebagai Mac. Lisa dirilis pada tahun 1983 dengan menggunakan ikon grafis.

Penyebab kegagalannya diindikasi karena banderol harga komputer brand Lisa ini tinggi. Hanya sedikit orang yang mampu membelinya. Setelah mencoba menjualnya sekuat tenaga termasuk dengan memotong harganya menjadi setengah, Apple akhirnya menyerah dan menghentikan produksi Lisa. Lisa hanya terjual 10.000 unit dan dihentikan proses produksinya di tahun kedua penjualannya. Karena tidak ingin terkena pajak untuk produk yang tidak terjual, Apple akhirnya membuang 2.700 komputer Lisa ke salah satu TPA di Logan, Utah.

Fakta Tentang Steve Jobs 3: Bukan Orang Teknis

Sebagai seorang pendiri perusahaan komputer, Jobs bisa dibilang kurang mumpuni dalam hal teknologi. Ia berbeda dengan Mark Zuckerberg dan Bill Gates yang menguasai hal-hal teknis. Menurut rekannya, Steve Wozniak, Jobs tidak pernah mendesain apapun sebagai teknisi perangkat keras. Namun ia mengetahui apa yang harus ia lakukan.

Diakui sahabatnya itu, Steve Jobs adalah sosok pebisnis yang ulung. Dan naluri bisnis Steve Jobs ini sangat penting bagi perkembangan Apple. Jobs bisa melihat bagaimana sebuah karya atau desain secara personal. Menurut Wozniak, Apple tidak akan bisa selesai dengan baik tanpa Jobs.

Penganut Budha dan Vegetarian

Untuk memenuhi kebutuhan spiritualnya pada tahun 1974 Steve Jobs pernah menghabiskan waktu tujuh bulan di India. Jobs mempelajari Buddhisme dan bereksperimen dengan obat Psychedelic di sana. Ia kemudian menganut Budha dan menerapkan hidup sebagai vegetarian dan kerap melakukan puasa. Untuk memperdalam Buddhisme Jobs berteman dengan seorang biksu dari Jepang, Zen Otogawa. Uniknya, sebenarnya Jobs mempunyai keturunan darah Muslim Suriah. Ayah kandungnya bernama Abdul Fattah Jandali seorang Muslim dan Ibunya bernama Joanne Carole Schieble seorang Amerika.

 

Baca Juga:

Cara Membuat Skala Prioritas

Karakter Yang Harus dimiliki Orang Sukses

Kisah Berjuang Terbang Bersama Burung Biru

Membuat SMS Blast yang Mudah dan Murah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.